class='post-footer-line post-footer-line-3'/>

Wednesday 5 June 2013

Dampak Buruk Point Blank untuk Anak ( Gamer )


k2erfqSudah lebih dari 50 jam Hepii Internet beroperasi menjadi salah satu usaha yang menyediakan jasa internet. Dan Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar. Pagi ini saya melihat kawanan anak-anak kecil berjalan melintas di depan Hepiinet seraya berkata “ini warnetnya nggak ada PB-nya, PB ( Point Blank ) yah game point blank yang saat ini sedang populer di Indonesia dan diminati dari berbagai kalangan baik itu orang dewasa, remaja, orangtua yang lebih memprihatinkan anak-anak ( dalam hal ini mungkin anak SD atau bahkan yang belum sekolah ). Saya melihat sebenarnya peluang membuka usaha warnet dengan fasilitas game online akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan warnet dengan fasilitas koneksi internet dan kenyamanan. Geliat warnet yang menyajikan game online di akhir tahun 2010 sampai awal 2011 menunjukan statistik yang terus meningkat dan jarang sekali warnet yang menyediakan game online itu terlihat sepi…
Tapi sebenarnya ini menjadi tantangan usaha ( persaingan usaha ) berkategori warnet khususnya untuk Hepiinet. Saya menyikapi hal ini dengan berpikiran positif, Hepiiinet mencoba melakukan perubahan mainset untuk semua user kalau internet itu lebih menyenangkan dan bisa memperkaya diri ketimbang bermain game 1 malam suntuk. Bermain games memang jadi satu kesukaan hobi seseorang tetapi jangan sampai mengkonsumsi game secara berlebihan ini akan merugikan anda sendiri, khususnya anak-anak.
Mereka rela keluar pagi-pagi dari rumah, mencari warnet yang menyediakan game Point Blank, ini berdampak buruk untuk mereka. Coba anda bayangkan, pukul 07.30 mereka sudah berebutan untuk duduk dan mencari warnet games.. sangat prihatin. Bagaimana anda sebagai orang tua ? membiarkan mereka larut dengan kekonyolan games ? menghamburkan uang untuk memfasilitasi mereka bermain games ?
Saya setuju Games itu perlu, sebagai pelengkap kejenuhan atau sekedar hobi. Tetapi mari kita lihat sisi negatif yang ditimbulkan jika bermain game secara berlebihan. Saya mengutip beberapa kutipan tulisan dari blog - blog yang berseliweran di internet mengenai dampak buruk bermain game secara berlebihan bagi anak khususnya game yang sedang membumi di kota medan POINT BLANK.
Banyak pertanyaan seputar dampak point blank bagi anak Pertanyaan ini tentu saja di ajukan oleh para orang tua yang merasa khawatir terhadap dampak negatif atau buruk game point blank yang belakangan ini penggunanya semakin meningkat. Seperti kita tahu Game point blank merupakan game paling populer di indonesia saat ini, penggemarnya tidak hanya dari kalangan anak muda, remaja, orang tua bahkan anak SD pun sudah mahir bermain point blank.
Saya pernah membaca sebuah komentar di sebuah blog yang membahas (Cheat Point Blank) dalam tulisannya pemberi komentar tampak sangat memohon pada pemilik blog atau pengunjung agar di ajarkan cara-cara menggunakan cheat Pb dengan alasan anaknya selalu menghabisakan uang tidak kurang dari 100 ribu setiap hari ( artinya bahwa pemberi komentar ingin mengajarkan anaknya cara menggunakan cheat point blank) agar tidak selalu di teror oleh anaknya sendiri yang selalu menghabiskan uang untuk bermain point blank.
Dari pengalaman orang tersebut jelas bahwa ketagihan terhadap game online bisa berdampak negatif atau buruk pada pemainnya, khususnya mereka yang tidak bisa mengatur waktu, walaupun konon bermain game juga bisa meningkatkan kecerdasan otak anak jika bermain secara wajar.
Ada beberapa Dampak Negatif bermain Point Blank Bagi Gamer negatif yang saya lihat dan saya cari informasi mengenai game ini, antara lain ;
Pemborosan Biaya ( Dampak Point Blank Bagi Gamer )
Mengapa saya mengatakan bahwa PB sama saja dengan pemborosan ?? Bayangkan, untuk bisa hebat bermain PB rasanya mustahil jika cuma bisa mengandalkan senjata standar atau gratisan yang disediakan oleh pengembang yang terdiri dari Assault Riffle, Sub Machine Gun, dan Sniper Riffle. Oleh karena itu, seperti game shooter pada umumnya, PB juga menyediakan senjata dan character yang bisa dibeli dengan cash dalam bentuk voucher dengan kisaran harga Rp.10.000 sampai Rp.300.000.
Harga senjata yang paling murah dalam PB adalah 250 cash untuk satu hari. Sedangkan harga 250 cash sama dengan Rp.2.500,-. Cash 1.000=Rp. 10.000, cash 3.000=Rp.30.000, cash 5.000=Rp.50.000, dst. Bisa dibayangkan, berapa ratus ribu yang harus dikeluarkan jika menggunakan senjata cash dalam sebulan. Hitung aja sendiri :-)
Pemborosan Waktu & Tenaga
Seperti dalam kepolisian atau tentara, PB juga mengenal sistem pangkat. Untuk bisa naik pangkat, seorang troopers atau pemain harus mengumpulkan sejumlah experience (exp.). Semakin tinggi pangkatnya, maka akan semakin tinggi pula exp yang harus dikumpulkan. Artinya, akan semakin lama pula seorang troopers memainkan karakternya.
Untuk bisa naik pangkat, tentunya dibutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Bahkan ada yang rela duduk berjam-jam di depan komputer hanyak untuk bermain PB. Akibatnya, kesehatan tidak terperhatikan karena kurang makan, olahraga, mandi, istirahat dan sebagainya. Bahkan pendidikan pun bisa berantakan.
Kata-Kata Kasar ( Dampak Point Blank Bagi Gamer )
Disadari atau tidak, PB ternyata secara tidak langsung mengajari seseorang untuk menggunakan kata-kata kasar. Hal ini mungkin diakibatkan karena sang pemain terbawa emosi ketika karakternya mati atau kalah. Bayangkan jika anak2 SD sudah mengenal kata2 anj**g, ba*i dan lain-lainnya yang belum sepantasnya diucapkan walaupun itu mungkin cuma lewa tulisan.
Melatih Ketidakjujuran ( Dampak Point Blank Bagi Gamer )
Mungkin sudah menjadi tradisi kalau anak bangsa lebih senang yang instan2. Tidak percaya ?? Liat saja di televisi. Dan hal itu juga berlaku di PB. Prinsipnya, buat apa mencari jalan yang sulit kalau ada jalan yang lebih mudah dan singkat. Dan jawabannya adalah dengan menggunakan program ilegal. Siapa yang tidak suka ?? dengan menggunakan program ilegal, seorang bisa menaikkan pangkatnya setinggi mungkin cuma dalam hitungan jam, bandingkan dengan cara jujur yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Belum lagi cheat-cheat lainnya yang sepertinya terlalu panjang untuk dibahasa di sini.
Disini saya hanya ingin menulis tentang sesuatu yang bisa memberi manfaat untuk orang lain. Akan muncul komentar - komentar hangat jika membahas masalah games online, dan tidak jarang juga komentar adem ayem menanggapi masalah ini. Saya menulis ini bukan karena warnet kami tidak menyediakan games PB atau games online lainnya. Tetapi saya melihat dan prihatin dengan kondisi saat ini walaupun dulunya saya pernah mengalami menjadi gamers dan bahkan menjadi programmer gamesnya.. hehehe ( mode on narsis ), tapi jangan salah game yang pernah kami kerjakan adalah game edukasi.
Hepiinet,
Selalu dihati :-)

2 comments: