class='post-footer-line post-footer-line-3'/>

Tuesday 30 July 2013

Membidik Kata Kunci Lewat Optimasi SEO Off Page


OPTIMASI SEO OFF PAGE Seperti kita tahu, optimasi SEO  blog/website bisa lewat dua jalan, optimasi secara off page dan on page. Kali ini kita akan belajar lebih dahulu tentang optimasi SEO off page
Bayangkan dalam satu hari bermunculan ratusan atau bahkan ribuan blog/website di mana di antaranya pasti ada yang membidik kata kunci yang sama dengan kita. Atas sebab itulah, pentingnya optimasi off page diadakan.
SEO off page adalah mengoptimalkan kata kunci diluar blog kita. Banyak cara untuk untuk melakukan ini. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah berikut ini:

1. Backlink.
Raih sebanyak mungkin backlink yang mengarah ke blog/website yang Anda buat. Terutama dari blog atau website ber-pagerank tinggi (antara 2 – 7). Untuk memperolehnya bisa lewat pasang backlink di blog/website lain, di forum-forum, iklan baris, social bookmarking, artikel direktori, blog direktori,  ataupun mailing list. Situs-situs seperti itu umumnya memiliki pagerank tinggi, atau setidaknya lumayan, antara 2 – 7 peringkat.
Untuk mengetahui pagerank, Anda bisa mengeceknya di PR Checker (ketik saja di google) atau instal langsung Google Toolbar di web browser Anda.
2. Anchor Text Link dan Oneway Backlink.
SEO OFF PAGECara ini mirip dengan cara pertama, hanya saja disini kita memiliki link yang menuju blog/website milik kita tanpa me-link balik ke blog /website yang me-link ke blog kita. Yang utama dalam link yang menuju blog/website kita adalah harus link yang berisi kata kunci yang sama dengan yang kita incar. Contoh untuk Anchor Text Link: BLOG BISNIS DAN MOTIVASI
3. Anchor Text Link dan Two way Backlink.
Pada dasarnya sama dengan cara nomor 2, hanya disini mesti ada link balik pada blog/website yang me-link ke blog/website kita. Istilahnya umumnya adalah tukar link (Link Exchange).
Satu hal lagi, dan ini yang utama, blog/webiste yang memberikan Anchor text harus relevan dengan blog/website milik kita. Contohnya blog/website yang membahas topik yang sejenis.
4. Beri komentar dengan nama kata kunci Anda.
Pada saat berkomentar di blog/website lain, usahakan mengisi nama dengan nama kata kunci yang sedang dibidik. Meski begitu, kita harus tetap memberi komentar yang memang berkualitas dan relevan dengan artikel yang Anda komentari. Sebab kalau tidak demikian akan dianggap SPAM.
Usahakan juga berkomentar di blog/website ber-pagerank tinggi. Selain komen di artikel, bisa juga menanam baclink di buku tamu.
Itulah tadi langkah-langkah dalam melakukan optimasi SEO off page. Keuntungannya, selain mendongkrak posisi blog/website kita di mesin pencari, hal itu juga otomatis akan menyumbang tambahan trafik tambahan bagi blog/website yang kita kelola.
Segala sesuatu memerlukan proses. Begitu juga dengan optimas SEO. Untuk bisa memperoleh posisi tinggi di mesin pencari mungkin akan butuh waktu yang agak lama.  Namun dengan kesabaran dan ketekunan memposting serta rajin menjalani langkah-langkah SEO baik on page atau off page, maka posisi blog/webiste akan semakin meningkat. Dengan begitu tentunya pagerank juga akan semakin meningkat.
Intinya semakin banyak kata kunci yang dihasilkan, semakin tinggi pula posisi blog/website kita di mesin pencari(search engine), untuk berbagai kata kunci.
Cara-cara optimasi SEO off page yang kami sebutkan di atas hanya sebagian dari cara-cara optimasi SEO off page. Tentunya masih banyak lagi cara yang lain. Silahkan Anda cari dan kembangkan sendiri. Mari kita sama-sama berbagi dan belajar.

No comments:

Post a Comment