class='post-footer-line post-footer-line-3'/>

Monday 5 August 2013

Ini Akibat Buruk Dari Kebiasaan Melepas Baterai Saat Menggunakan Laptop

 melepas baterai laptop
Berikut beberapa kerugian yang bisa ditimbulkan akibat melepas baterai saat menggunakan laptop :


1. Laptop bisa sering hang dan lemot
Karena hanya mengandalkan arus listrik sebagi sumber energi, ketika arus listrik tidak stabil atau tiba-tiba listrik mati, laptoppun ikut mati mendadak. Bila ini sering terjadi, sistem dapat menjadi crash. Kejadian hang pada laptoppun akan sering terjadi. Kalaupun dapat beroperasi, biasanya kinerja laptop menjadi lemot atau lambat.

2. Merusak komponen di dalam laptop
Akibat lain dari listrik yang tidak stabil dan sering mati, dapat merusak komponen-komponen di dalam laptop yang terhubung langsung dengan daya listrik, seperti harddisk, layar LCD, keyboard mapun kapasitor. Dan dibutuhkan biayay yang mahal untuk memperbaikinya.

3. Kerusakan pada baterai laptop
Cairan kimia di dalam baterai dapat membeku akibat tidak digunakan dalam waktu yang lama. Kalau sudah membeku tentu saja daya kerja baterai tidak optimal lagi. Baterai tidak bisa dicharge lagi atau tidak bisa menyimpan energi sama sekali. Satu-satunya solusi, tentu menggantinya dengan baterai baru.

Bagi kamu yang tetap ngotot ingin melepas baterai laptopnya selama digunakan, sedapat mungkin jangan biarkan baterai mengganggur lebih dari tiga hari. Setelah tiga hari disimpan gunakan kembali baterai laptop kamu, bebrapa hari kemudian lepas lagi. begitu seterusnya. Ini untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada baterai.

Dan untuk menghindari kerusakan pada sisitem maupun komponen dalam laptop, kamu dapat menggunakan UPS ketika tidak menggunakan baterai.

No comments:

Post a Comment