class='post-footer-line post-footer-line-3'/>

Monday 5 August 2013

Cara Membersihkan Laptop Yang Benar

 
Jangan sepelekan laptop yang kotor dan banyak debu. Selain merusak keindahan dan nilai estetika, laptop yang kotor juga dapat menjadi potensi kerusakan yang besar pada laptop tersebut.


Laptop yang biasa terpapar oleh debu, lama kelamaan debu tersebut akan masuk dan menumpuk di dalam komponen-komponen laptop. Kipas dan lubang ventilasi adalah dua tempat yang paling sering di tempeli oleh tumpukan debu. Apabila kedua bagian ini sudah terlalu banyak tertutup debu, kipas laptop tidak lagi dapat berfungsi optimal dan fentilasi udara tidak lagi bisa mengalirkan keluar udara panas yang di hasilkan oleh laptop.

Akibatnya, laptop akan menjadi cepat panas. Dan kalau sudah seperti ini laptop dapat mati mendadak karena overhead.

Sebelum itu terjadi pada laptop kesayangan anda, ada baiknya membersihkan laptop anda dari segala kotoran dan debu yang menempel. Bagaimana caranya?  Mari kita bahas bersama.


Cara Membersihkan Laptop Yang Benar :


1. Pastikan laptop anda dalam keadaan mati. Cabut semua kabel yang masih tersambung di laptop. Ini untuk menghindari kejutan listrik yang mingkin timbul ketika anda membersihkan menggunakan cairan pembersih,

2. Dengan menggunakan kain yang lembut, usap seluruh permukaan laptop secara perlahan-lahan untuk membersihkannya dari debu. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan noda yang menempel. Hindari menyemprotkan langsung cairan pembersih ke body laptop, agar percikan cairan tidak sempat masuk kedalam laptop melalui celah-celah ataupun fentilasi udara.

3. Khusus bagian layar laptop, anda harus melakukan pembersihan lebih hati-hati lagi, mengingat layar LCD laptop yang rentan terhadap goresan dan kerusakan. Untuk lebih jelasnya mengenaai cara membersihkan layar laptop anda bisa melihatnya di : "Cara membersihkan layar laptop yang benar".

4. Ada baiknya anda membaca buku petunjuk dari produsen yang disertakan pada saat membeli laptop. Disana oleh produsen direkomendasikan cara membersihkan laptop anda dengan benar. Biasanya penggunaan vacum cleaner tidak direkomendasikan oleh produsen karena di khawatirkan dapat merusak komponen yang ada di dalam laptop.  Bila anda tetap ingin menggunakan vacum cleaner, lakukanlah dengan hati-hati dan tentu dengan resiko di tangan anda sendiri.

cara membersihkan laptop
5. Bersihkan celah-celah tombol di keyboard laptop anda dari debu dan kotoran dengan menggunakan kuas halus. Anda bisa menambahkan plastik pelindung pada keyboard untuk mencegah debu.

6. Apabila ada tombol keyboard yang macet, lepaslah tombol bermasalah tersebut (baca buku petunjuk laptop cara melakukannya), lalu bersihkan tombol tersebut maupun dudukan tombol dengan kapas yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih.

7. Dengan menggunakan kuas halus, bersihkan lubang-lubang ventilasi udara di bagian bawah laptop. Setiap sudut dan celah-celah laptop juga anda sapu dengan kuas lembut tersebut.

8. Ketika akan menghidupkan laptop kembali, pastikan cairan pembersih yang anda usapkan di laptop sudah mengering semua.

Demikian beberapa cara membersihkan laptop dengan benar, bila pekerjaan ini sering anda lakukakan dan ulangi, dapat dipastikan laptop anda dapat terjaga performanya, dan kemungkinan terjadi kerusakan seperti mati mendadak menjadi kecil kemungkinannya.

No comments:

Post a Comment